Thursday, November 12, 2015

Inspirasi Tipe Lampu untuk Rumah Anda

Pernahkah Anda kesulitan memilih model lampu yang sesuai untuk ruangan di rumah Anda?
Atau mampir ke toko perlengkapan rumah dan bingung menentukan tipe lampu yang cocok?
Kini tak perlu ragu lagi menjatuhkan pilihan. Kami punya solusinya untuk Anda. 

Tahukah Anda bahwa masing-masing ruangan membutuhkan jenis lampu yang berbeda-beda? Beberapa ruangan membutuhkan lampu yang sangat terang menyinari semua sudut, namun ada juga ruangan-ruangan yang hanya membutuhkan sedikit cahaya untuk menerangi bidangnya.

Fungsi lampu sendiri juga tidak melulu sebagai sumber penerangan, di beberapa ruangan lampu juga berfungsi sebagai poin dekorasi yang membantu mempercantik ruangan Anda. Nah, seperti apa pemilihan lampu yang seharusnya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

RUANG TAMU
Ruangan ini adalah area di mana kebanyakan orang memutuskan untuk meletakkan sejumlah furnitur maupun perabot yang ditujukan untuk menghias ruangan. Mengingat ruangan ini sering digunakan untuk menemui atau bahkan menjamu tamu yang datang ke rumah kita.

Untuk itu, Anda dapat memilih model lampu yang sedikit unik dan dekoratif untuk diletakkan di ruang tamu. Tipenya bisa beragam; lampu meja maupun standing lamp akan menjadi perabot dekorasi yang apik untuk dipajang di ruang tamu. Namun, tentu tetap sesuaikan dengan tema keseluruhan perabot supaya tampilannya tidak mencolok sendiri.

Selain model lampu, penempatan atau posisi lampu juga perlu diperhatikan. Ruang tamu merupakan area untuk berkumpul dan tak jarang berbincang dengan keluarga maupun rekanan yang mampir ke rumah. Sehingga, pastikan posisi lampu tidak menganggu interaksi yang berlangsung di ruang tamu.

Letakkan di area yang agak menepi tanpa mengurangi fungsinya sebagai sumber penerangan ruangan. Anda tentu tidak ingin pembicaraan serius dengan tamu jadi tidak fokus karena tamu Anda lebih memperhatikan lampu hias yang posisinya menghalangi pandangan atau tampilannya terlalu mencolok.

Anda juga dapat menambahkan lampu aksen untuk menonjolkan lukisan atau karya seni yang dipajang di ruang tamu di rumah Anda. Pastikan lampunya tidak terlalu terang, supaya tidak terlalu silau atau bertabrakan dengan cahaya utama di ruangan tersebut.


Source: http://hgtv.com
KAMAR TIDUR
Kamar tidur merupakan ruangan tempat kita menghabiskan waktu untuk beristirahat atau bersantai di akhir hari. Keberadaan lampu di ruangan ini tentu akan lebih sering berfungsi sebagai penerangan minor, karena sebagian besar aktivitas dilakukan di luar kamar tidur. 

Supaya lampu yang diletakkan di ruangan ini tidak sia-sia, maka hindari menggunakan lampu yang berlebihan. Kecuali ruangan ini adalah ruangan yang sering Anda gunakan (untuk bekerja, menghabiskan sisa hari, dll.).  

Tipe lampu yang bisa dipakai, selain lampu utama yang dipasang di langit-langit ruangan, antara lain standing lamp serta lampu meja. Lampu yang diletakkan di meja bisa sekaligus menjadi lampu baca ketika Anda hendak tidur atau bisa juga sebagai lampu yang membantu menerangi ketika tidak ingin tidur dalam kondisi kamar yang sangat gelap.

Pastikan lampu yang Anda letakkan di kamar tidur memiliki cahaya yang tidak terlalu menyilaukan dan membantu Anda untuk relax dan beristirahat di malam hari.


Source: http://oxodid.com/
RUANG MAKAN
Cahaya di ruang makan tidak memerlukan intensitas yang terlalu terang, mengingat aktivitas di ruangan ini hampir serupa dengan di ruang tamu. Namun, tentu suasana yang dibangun di ruangan ini jauh lebih warm dan akrab. Sehingga cahaya yang diperlukan pun diharapkan yang bisa mendukung suasana tersebut.

Untuk itu lampu yang dipakai seringnya menggunakan tipe yang cenderung dekoratif untuk sekaligus menghias ruangan. Anda bisa meletakkan lampu gantung dengan beragam model seperti chandeliers atau pendant lights tepat di atas meja makan Anda. 

Tidak menutup kemungkinan juga menambahkan lampu extra di sekeliling area makan untuk menambah intensitas cahaya di area tersebut. Namun pastikan tidak terlalu terang atau tidak menyilaukan mata karena berbenturan dengan cahaya dari lampu gantung di atas meja makan.


Source: http://nisivoccia.com/
RUANG KERJA
Sebenarnya memilih lampu untuk ruangan ini perlu disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Varian pekerjaan/tugas yang dilakukan akan menentukan tipe lampu yang sesuai.

Bila Anda menghabiskan waktu untuk berkutat dengan dokumen, sering menulis atau bekerja dengan banyak kertas, sebaiknya memilih lampu yang diletakkan di meja kerja Anda secara khusus (selain lampu utama ruangan yang menempel di langit-langit) atau yang sering disebut dengan lampu belajar. Lampu ini akan membantu Anda fokus pada pekerjaan di hadapan Anda karena lampunya terang.

Opsi lain adalah menggunakan standing lamp, bila Anda tidak ingin ada item tambahan di meja kerja Anda yang sudah cukup penuh. Pastikan lampu standing lamp cukup terang, karena fungsinya bukan untuk membentuk mood/suasana (bukan ambient lamp). Namun, menerangi area kerja Anda.

Tetapi bila Anda lebih banyak bekerja di depan layar komputer, maka lampu meja/lampu belajar tidak terlalu krusial keberadaannya. Pastikan lampu utama ruangan cukup terang untuk membantu Anda melihat pekerjaan di komputer dengan lebih baik.


Source: http://www.kidsbabydesign.com/
KAMAR ANAK
Tipe lampu yang sesuai untuk diletakkan di kamar anak lebih memperhatikan sisi desainnya. Dibanding lampu-lampu yang dipakai di ruangan lain, lampu yang dipakai di kamar anak sebaiknya mewakili sisi ceria anak-anak.

Bukan warna cahayanya yang warna-warni, namun desainnya mungkin bisa dipilih yang bergambar kartun atau tokoh kesukaan si kecil. Mengenai modelnya, kini lampu untuk kamar anak sudah sangat beragam. Ada lampu meja, standing lamp maupun lampu yang menempel di dinding.

Pastikan lampu cukup terang untuk bermain dan cukup nyaman untuk menerangi ruangan menjelang waktu beristirahat. Anda juga bisa menambahkan lampu tidur dengan pencahayaan minim (bisa juga dengan warna tertentu kesukaan si kecil) apabila putra/putri Anda tidak suka tidur dengan ruangan terlalu gelap.



***

Sudah ada gambaran lampu yang seperti apa yang akan Anda pilih untuk ruangan Anda? Semoga sudah tidak kebingungan lagi ya.

Bila Anda punya tips tambahan mengenai pemilihan model lampu untuk ruangan di rumah, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Kami tunggu lho! :)



Artikel ini dipersembahkan oleh www.gartnerlighting.com

4 comments:

  1. boleh nih, biar makin unik desain kamar. thx saranya min

    ReplyDelete
  2. Pengen sich punya kayak gitu, tapi nunggu kapan kapan saja jika sudah punya rumah sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak, biar ada gambaran nanti kalau udah punya rumah sendiri :)

      Delete